Ini Akibatnya, Jika Kita Terbiasa Meminta Oleh-oleh Pada Teman Yang Bepergian


Sebagai umat muslim kita tahu bahwa tangan diatas lebih baik daripada tangan di bawah. Sikap memberi itu lebih baik dari pada sikap meminta. Dan, merepotkan seseorang itu merupakan juga sikap yang tidak baik. Sebab itulah mengapa kita sebaiknya tidak meminta oleh-oleh saat teman kita, saudara kita atau lain nya yang akan bepergian atau sedang bepergian ke luar negeri.

Alasan sebenarnya kenapa kita patut menghilangkan kebiasaan meminta oleh-oleh itu adalah sebagai Karena perbuatan meminta-minta merupakan perbuatan menghinakan diri kepada makhluk dan menunjukkan adanya kecendrungan kepada dunia dan keinginan untuk memperbanyak harta.

Rasulullah bersabda
Terus-menerus seseorang itu suka meminta-minta kepada orang lain hingga pada hari kiamat dia datang dalam keadaan di wajahnya tidak ada sepotong dagingpun,” (HR. Al-Bukhari no. 1474 dan Muslim no. 1725).

Ini Alasan Logisnya Kalau Kita Meminta Oleh-oleh Kepada Saudara Yang Bepergian.

1. Merepotkan

Orang yang bepergian atau safar sebenarnya merupakan orang yang akan malaksanakan kesibukan. entah itu bepergian dalam rangka studi ataupun wisata. Mereka akan melaksanakan banyak kegiatan dalam waktu yang sempit. Tentunya mereka akan menjadi repot apabila kita meminta sesuatu ataupun menitip sesuatu. Apalagi mereka yang bepergian dibatasi oleh berat bawaaan atau bagasi yang biasanya sekitar 20-30 kg. Walhasil bagaimana kalau banyak teman teman yang nitip ? Tentunya kita sebagai muslim tidak ingin merepotkanteman kita dalam bepergian. Bahkan kita seharusnya memberikan titipan ke mereka minimal dengan doa supaya perjalanannya di mudahkan

2. Memiliki waktu yang terbatas

Dalam bepergian, teman kita akan memiliki waktu yang terbatas. Apabila kita menginginkan oleh-oleh yang spesifik yang kita inginkan tentunya ada effort dari teman kita untuk mencari barang titipan kita. Mereka akan disibukan dengan permintaan kita terkait oleh-oleh. Sehingga ini juga berhubungan dengan poin nomor satu tentang merepotkan.

3. Menambah biaya

Ketika kita titip oleh-oleh pada teman atau saudara, tentunya barang oleh-oleh yang kita inginkan tidak gratis. Teman yang bepergian harus membeli dan pastinya dengan uang. Ini tentu saja sangat merepotkan karena dalam bepergian tentunya teman kita sudah mempersiapkan uang dengan secukupnya. Apalagi oleh-oleh biasanay barang yang tidak murah. apalgi bila di kurs kan dengan dollar.

4. Banyak titipan

Jangan bayangkan hanya kita sendiri yang titip atau meminta oleh-oleh ketika temen kita bepergian. Mungkin sudah banyak teman lain atau saudaranya yang bepergian yang akan meminta oleh-oleh. Bisa dibayangkan apabila sudah ada 20 teman laing yang telah nitip ? kasihan jadinya temen yang bepergian.

5. Tangan diatas lebih baik daripada tangan di bawah

Ya, memberikan sesuatu kepada yang akan bepergian lebih baik daripada kita meminta sesuatu yang justru merepotkan.

Tanpa meminta pun jika saudara yang bepergian pun jika dia mendapat rezeki pasti dia akan memberikan oleh-oleh pada kita, tapi kita gak boleh mengharapkannya.Dan tips untuk yang menerima oleh-oleh bersyukurlah atas setiap bentuk rezeki yang didapat karena dengan bersyukur kita akan semakin mendapat nikmat yang banyak.

Jangan Lupa Like dan Share ya biar semakin banyak yang tau dan tulisan ini semakin banyak lagi manfaatnya bagi orang-orang terdekat anda.



0 Response to "Ini Akibatnya, Jika Kita Terbiasa Meminta Oleh-oleh Pada Teman Yang Bepergian"

Posting Komentar